Friday, 16 December 2016

LAPORAN JARINGAN PADA TUMBUHAN








LAPORAN BIOLOGI DASAR
“MEMPELAJARI JARINGAN PADA TUMBUHAN”


DISUSUN OLEH:
NAMA                   : FEBRIANA ARUMSARI
NIM                        : 150210103031





PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI
JURUSAN MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
UNIVERSITAS JEMBER
2015


I.                    JUDUL
Mempelajari Jaringan Pada Tumbuhan
II.                 TUJUAN
Selesai praktikum diharapkan mahasiswa dapat menjelaskan jaringan-jaringan penyusun tumbuhan.
III.              DASAR TEORI

IV.              METODE PERCOBAAN
1.      Alat dan bahan
a.       Alat
Mikroskop.
b.      Bahan
Berupa preparat awetan penampang melintang akar, batang, dan daun.
2.      Langkah kerja
a.       Rectangle: Rounded Corners: Meletakkan preparat penampang melintang daun di bawah mikroskopBahan 1: Preparat Daun (secara umum)


 





b.      Rectangle: Rounded Corners: Meletakkan preparat penampang melintang batang di bawah mikroskopBahan 2: Preparat Batang


 






c.       Rectangle: Rounded Corners: Meletakkan preparat penampang melintang akar di bawah mikroskopBahan 2: Preparat Akar


 







V.                HASIL PENGAMATAN
a.       Preparat Daun
·         Daun secara umum

Keterangan:

b.      Preparat Batang
·         Batang jagung (Zea mays)
Keterangan:
Perbesaran 4x10
·         Batang diotil kacang tanah (Archis hypogaeae)
Keterangan:
Perbesaran 4x10

c.       Preparat Akar
·         Akar jagung (Zea mays)
Keterangan:
Perbesaran 10x10
·         Akar dikotil kacang tanah (Arachis hypogaeae)
Keterangan:
Perbesaran 4x10

VI.              PEMBAHASAN
      Preparat Penampang Melintang Daun
Daun merupakan modifikasi dari batang, dan merupakan bagian tubuh tumbuhan yang paling banyak mengandung klorofil sehingga kegiatan fotosintesis paling banyak berlangsung di daun. Fungsi daun, antara lain sebagai tempat berlangsungnya fotosintesis, menyerap CO2 dari udara, sebagai tempat pengeluaran air melalui transpirasi dan gutasi, serta untuk respirasi.
      Dalam praktikum pertama dengan menggunakan preparat awetan batang jagung (Zea mays) dengan perbesaran 4x10 terlihat penampang melintang batang yang tersusun dari epidermis dan pengangkut (xilem dan floem). Jaringan epidermis tersusun dari selapis atau lebih sel-sel yang rapat satu sama yang lain, sehimgga tidak ada ruang antar sel bentuk selnya tidak teratur, ukuran serta susunannya bervariasi. Fungsi utama jaringan epidermis yaitu sebagai pelindung jaringan dibawahnya. Jaringan pengangkut terdiri atas dua yaitu xilem dan foem. Jaringan xilem merupakan jaringan pengangkut yang berfungsi untuk menyalurkan air dan unsur hara dari akar ke daun. Sedangkan jaringan floem merupakan jaringan pengangkut yang berfungsi menyalurkan zat-zat makanan hasil fotosintesis keseluruh tubuh tumbuhan.
      Dalam praktikum kedua dengan menggunakan preparat awetan batang dikotil kacang tanah (Arachis hypogeae) dengan perbesara 4x10 terlihat penampang melintang batang yang tersusun dari epidermis, korteks, endodermis, dan silinder pusat. Jaringan epidermis umumnya terdiri dari lapisan sel kunkula yang berfungsi sebagai pelindung. Pada epidermis terdapat  trikoma berupa rambut dan kelenjar. Selain itu epidermis juga merupakan jaringan hidup dan mampu bermitisis pada saat tekanan dalam batang meningkat karena adanya penambahan jaringan dalam batang, epidermis meluas secara trangensial dan membelah secara radial. Korteks, sel-sel penyusunnya berupa dinding tipis yang terdiri dari beberapa sel dan susunannya tidak beraturan, dan terdapat ruang antar sel. Korteks terletak disebelah dalam epidermis dan berfungsi sebagai tempat lewatnya air dari epidermis ke endodermis, selain itu juga sebagai penyimpan cadangan makanan. Endodermis ...... silinder pusat .......
      Selanjutnya dalam pengamatan

VII.           PENUTUP
Kesimpulan:
Saran:
-          Di harapkan dalam praktikum ini, praktikan dapat mengetahui dan menjelaskan jaringan pada tumbuhan lebih spesifik.
-          Diharapkan praktikan lebih teliti dalam menggunakan mikroskop.

DAFTAR PUSTAKA
Lampiran:

0 comments:

Post a Comment